Disponsori Oleh:

Cara Mengubah nama domain google site dengan domain sendiri

Cara Mengubah nama domain google site dengan domain sendiri

Setelah selesai dengan membuat website gratis di google site ini, hal yang paling perlu dilakukan adalah mengganti domain bawaan google site dengan domain kita sendiri. Kenapa harus demikian ? Sebenarnya hal tersebut tidak mutlak harus dilakukan jika anda tidak terganggu dengan domain pemberian google site yang merupakan sub domain yang tentunya panjangnya minta ampun. Dan setiap orang tentu ingin websitenya memiliki nama yang unik, trend, sesuai topik dan yang lebih baik mudah di ingat orang. Ok, langsung saja kita bahas Cara mengganti Domain bawaan google dengan custom domain :
  1. Siapkan dahulu Domain baru. Anda bisa membeli domain atau mencari penyedia domain gratisan, seperti yang saya lakukan sebagai uji coba, saya menggunakan domain dari CU.CC. Kenapa CU.CC karena CO.CC sudah tidak lagi melayani free domain, dan DOT.TK tidak memiliki setting DNS yang lengkap. Hal yang perlu diperhatikan saat memilih domain gratis adalah adanya "Manage DNS" yang lengkap.
  2. Setelah mendapatkan domain yang di inginkan, jangan terburu-buru ke Manage Domain ya ? Kita singgah dulu keGoogle Webmaster. Sign in dengan aaccount google anda. Kenapa harus ke google webmaster ? Karena pada sistem google site kita tidak di ijinkan merubah domain / web address sebelum domain tersebut di verifikasi dengan google webmaster tools
  3. Setelah masuk ke google webmaster klik Tambahkan situs, anda akan langsung dibawa ke halaman verifikasi. PilihMetode alternatif, pilih Penyedia nama domain. Pada drop down menu pilihan provider domain pilih lainnya jika memang penyedia domain anda tidak terdaftar di webmaster. Anda akan mendapatkan kode verifikasi yang akan kita gunakan pada setting DNS nanti.

  4. Masuk ke Cpanel domain anda, klik Manage Domain, klik Zone Record/DNS Setting. Copy kode verifikasi dari google webmaster ke kolom "content". Record type nya pilih "txt" , yang lain biarkan sesuai default. Klik Create Zone Record Setelah itu tambahkan Zone Record sebagai berikut : Record Type "CNAME", Content "ghs.google.com", tambahkan"WWW" pada Host lalu klik create zone record. 
Setelah selesai anda bisa kembali ke google webmaster dan klik "VERIFIKASI". Dalam pengalaman saya tidak sampai hitungan menit google web master sudah bisa langsung memverifikasi domain dari CU.CC. 
Jika semua lancar maka kita kembali ke website kita yang ada di google site. Klik "yang lain" di pojok kanan atas, lalu "kelola situs" kemudian "alamat web". Masukan domain baru anda pada kolom yang tersedia lengkap dengan "www" klik tambahkan. Selesai......maka, situs anda dapat diakses langsung melalui domain baru anda.
 

Subscribe to receive free email updates: